Sabtu, 30 Agustus 2008

Kegiatan Riset dan Penelitian Tahun 2007

Riset dan penelitian merupakan program rutin dalam agenda kegiatan Muallaqat Forum Jogjakarta. Pada tahun 2007, kami mengagendakan dua model penelitian dan riset. Pertama, riset dan penelitian yang berorientasi pada pengembangan wacana kajian Arab. Kedua, riset dan penelitian yang berorientasi evaluatif.

Penelitian dan riset yang berorientasi pada pengembangan wacana kajian Arab meliputi penelitian sejarah sastra Arab (dari Jahili sampai kontemporer), penelitian pertumbuhan sastra nasional negara-negara Arab, penelitian studi tokoh sastrawan Arab modern untuk mengembangkan buku leksikon sastrawan Arab modern (terbit Februari 2007), penelitian leksikologi/leksikografi Arab untuk pengembangan kamus bahasa Arab ‘Amiyah Mesir (terbit November 2004), pengembangan kamus digital Indonesia-Arab “Al-Mu’allaqat” (terbit 2005), serta penelitian untuk penyusunan ensiklopedi mini negara-negara Arab modern.

Sedangkan kegiatan riset yang berorientasi evaluatif meliputi berbagai macam kegiatan penelitian, riset, dan pengembangan yang berhubungan dengan proses pelaksanaan pengkajian Arab di Indonesia. Pada tahun 2007, kami mengagendakan dua kegiatan riset evaluatif. Pertama, riset pemanfaatan internet dalam proses pengajaran dan penelitian, khususnya bahasa, sastra, dan budaya Arab. Bentuk dari kegiatan ini di antaranya adalah pelatihan pemanfaatan internet sebagai sarana penunjang proses pengajaran dan penelitian bahasa dan sastra Arab.

Kedua, riset mengenai kondisi kajian Arab di universitas-universitas pengelola program kajian Arab di Indonesia. Untuk riset di Jogjakarta telah kami laksanakan pada bulan April 2007 ini, dengan rincian kegiatan sebagai berikut.

A. Tujuan Umum Penelitian:

a. Internal
Menjadi landasan bagi penyusunan agenda kerja Muallaqat Forum.
b. Eksternal
Menjadi salah satu acuan evaluasi yang bisa digunakan oleh lembaga-lembaga pengelola kajian Arab.

B. Waktu Pelaksanaan

Sesuai rencana dalam jadwal, riset ini dilaksanakan pada bulan April hingga Agustus 2007. Namun, karena ada berbagai kendala hingga saat ini kami hanya bisa menyelesaikan separuh dari agenda kerja yang telah direncanakan.

C. Pelaksana

Riset ini merupakan prakarsa mandiri dari Muallaqat Forum Jogjakarta. Agenda kerja, anggaran, dan pelaksanaan dilakukan sepenuhnya oleh Tim Riset Muallaqat Forum 2007.

Penanggung Jawab:
1. Drs. Bachrum Bunyamin, M.A (Direktur Muallaqat Forum)
2. Yusroh Wahab, SS. Mag (Wakil Direktur Muallaqat Forum)

Ketua pelaksana : Siti Jamilah, S.S
Sekretaris : Atho’illah Achmad
Anggota : Irfan Zakki Ibrahim

D. Sasaran

1. Mahasiswa program sastra Arab di universitas penyelenggara kajian Arab di Jogjakarta.
2. Dosen dan pengelola program sastra Arab di universitas penyelenggara kajian Arab di Jogjakarta.
3. Fasilitas pendukung seperti perpustakaan, laboratorium bahasa, dan jaringan internet yang ada di universitas penyelenggara kajian Arab di Jogjakarta.
4. Skripsi atau karya ilmiah mahasiswa di universitas penyelenggara kajian Arab di Jogjakarta mulai dari tahun 2002 hingga 2007.
5. Jurnal Universitas penyelenggara kajian Arab di Jogjakarta.

E. Metode

1. Kuesioner
Kuesioner kami sebarkan secara acak pada para dosen, mahasiswa, serta alumni program kajian Arab di universitas-universitas penyelenggara kajian Arab di Jogjakarta. Jumlah keseluruhan kuesioner adalah :
- Dosen 30 kuesioner dengan komposisi 10 UIN, 10 UGM, dan 10 UAD.
- Mahasiswa 105 kuesioner dengan komposisi 35 UIN, 35 UGM, dan 35 UAD.
- Alumni 15 kuesioner dengan komposisi 5 UIN, 5 UGM, dan 5 UAD.

Kuesioner ini disusun dengan menggunakan tema berikut ini:
a. Input
Pertanyaan-pertanyaan yang kami ajukan antara lain latar belakang pendidikan (pendidikan terakhir), motivasi yang mendorong untuk mengambil kajian Arab, bidang-bidang kajian yang diminati (sastra, bahasa, dan terjemah), serta sejauh mana pengetahuan mereka tentang kajian Arab sebelum masuk di universitas.
b. Kondisi Belajar Mengajar
Pertanyaan-pertanyaan yang kami ajukan antara lain kesan mahasiswa atas pengajaran yang mereka terima selama ini, sistem penyampaian materi dalam perkuliahan, silabus, bacaan wajib, metode penilaian, tingkat kehadiran mahasiswa atau dosen, penguasaan materi pengajar, serta mata kuliah yang perlu ditambah porsinya.
c. Kondisi Fasilitas Pendukung
Pertanyaan-pertanyaan yang kami ajukan antara lain ketersediaan buku referensi, jurnal bahasa Arab, media cetak, perpustakaan, internet, intensitas dan keaktifan mahasiswa dalam menggunakan fasilitas pendukung, dan update informasi mengenai isu, wacana, dan perkembangan kajian Arab.
d. Proyeksi Masa Depan
Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan antara lain aktivitas setelah lulus dan bentuk kajian Arab yang ideal.

2. Pendataan Skripsi
Pendataan skripsi bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan wacana, informasi, dan isu-isu mengenai kajian Arab. Selain itu pendataan skripsi juga bertujuan untuk mengetahui kecenderungan pemilihan kajian (sastra, bahasa, dan terjemah). Dalam hal ini kami melihat pada perkembangan tema, referensi, objek formal, serta objek material yang digunakan untuk penyusunan skripsi. Skripsi yang kami jadikan sampel adalah skripsi tahun 2002-2007 dengan jumlah masing-masing sebanyak 20 buah.

3. Wawancara
Wawancara adalah salah satu upaya untuk melakukan cross check terhadap data yang kami peroleh dari kuesioner. Wawancara kami lakukan dengan para ketua jurusan penyelenggara program kajian Arab dengan topik-topik berikut ini:
a. Visi, misi, tujuan, dan strategi
b. Kondisi SDM pengajar
c. Kurikulum
d. Fasilitas penunjang
e. Sistem evaluasi

4. Survei Jurnal
Jurnal merupakan salah satu media yang memiliki peran strategis dalam pengembangan suatu bidang keilmuan. Oleh karena itu, dalam riset ini kami juga melakukan survei terhadap jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh universitas pengelola program kajian Arab di Yogyakarta. Survei ini meliputi intensitas terbit, perkembangan tema, dan distribusi penulis.

F. Hasil
Secara umum, tingkat keberhasilan riset ini kurang memuaskan. Selama masa kerja riset, ada beberapa kendala yang menyebabkan kami kesulitan dalam menyelesaikan target kerja yang telah kami agendakan. Beberapa hal tersebut di antaranya adalah atensi dari para responden, basis data yang sulit diakses (baik karena manajemen pengelolaan data yang kurang tertata maupun karena hal non teknis lainnya), serta hal-hal non teknis lainnya.


G. Penutup
Muallaqat Forum Jogjakarta mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu pelaksanaan riset ini. Pada masa yang akan datang kami berharap akan terjalin kerja sama yang lebih baik antara Muallaqat Forum dan berbagai pihak yang memiliki ketertarikan dan kepentingan dengan kajian Arab sehingga kajian Arab di Indonesia bisa lebih maju.

Berikut ini adalah hasil riset Muallaqat tahun 2007 mengenai kondisi kajian Arab di Jogjakarta. Karena keterbatasan ruang, pada kesempatan ini kami hanya bisa menampilkan secara ringkas hasil riset telah kami laksanakan.
a. Input

(1). Latar belakang pendidikan
SLTA : 23 orang
MA : 13 orang
SLTA + Pesantren : 9 orang
MA + Pesantren : 16 orang

(2). Motivasi
Kemauan sendiri : 39 orang
Dorongan Orang tua : 6 orang
Coba-coba : 9 orang
Lainnya : 5 orang

(3). Kecenderungan minat kajian
Bahasa : 14 orang
Sastra : 13 orang
Budaya : 2 orang
Terjemah : 9 orang
Lainnya (keislaman, sejarah, dan politik) : 3 orang
Tidak diisi : 20 orang

b. Kondisi Belajar Mengajar
(1). Sistem pengajaran
Satu arah : 18 orang
Dua arah : 38 orang
Lainnya : 3 orang
Tidak diisi : 2 orang

(2). Pemaparan silabus oleh dosen
Ya : 48 orang
Tidak : 10 orang
Tidak diisi : 3 orang

(3). Penguasaan materi dosen
Sangat menguasai : 18 orang
Cukup menguasai : 38 orang
Ragu-ragu : 2 orang
Kurang/tidak menguasai : 3 orang

(4). Proses evaluasi belajar yang lebih disukai
Menyusun makalah : 7 orang
Close book : 17 orang
Ujian lisan : 5 orang
Take home : 14 orang
Open book : 4 orang
Campuran (berbagai model di atas) : 14 orang

(4). Kendala-kendala dalam studi
Kurang referensi : 18 orang
Sulit konsultasi di luar jam kuliah : 12 orang
Kurang forum diskusi : 16 orang
Lain-lain : 13 orang
Tidak diisi : 2 orang

c. Kondisi Fasilitas Pendukung
(1). Koleksi referensi kajian Arab di perpustakaan
Lengkap/memadai : 1 orang
Cukup : 36 orang
Sangat minim : 22 orang
Tidak tahu : 2 orang

(2). Sudahkah langganan media berbahasa Arab
Sudah : 19 orang
Belum : 18 orang
Tidak tahu : 23 orang
Tidak diisi : 1 orang

(3). Perlu akses internet gratis?
Perlu : 61 orang
Tidak : 0 orang

d. Proyeksi Masa Depan
(1). Hasil yang Anda rasakan
(2). Ideal kajian Arab

Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan pada 70 mahasiswa jurusan sastra Arab UGM dan UIN angkatan 2003-2006 dengan perincian sebagai berikut:

a. Jumlah total kuesioner : 70 bendel
b. Jumlah yang dikembalikan : 61 bendel (87,14%)
c. Jumlah yang tidak dikembalikan : 9 bendel (12, 86%)

Untuk mengetahui hasil lengkap dari riset ini atau hasil-hasil penelitian dan riset yang lain, Anda bisa menghubungi Atoillah Ahmad dengan no telepon 08157644169 atau kirim e-mail melalui muallaqatforum@gmail.com.


0 komentar:

Posting Komentar